Total Tayangan Halaman

Selasa, 05 November 2013

Publikasi Penelitian Tindakan Kelas Tahun 2013


(Penelitian Tindakan Kelas.dalam meningkatkan hasil belajar Matematika    peserta didik SMP Negeri 143 Jakarta. 2013)

PURWIDI SUMARYANTO

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik meningkat setelah dilaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan penerapan pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Divisions (STAD).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian – kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data dan informasi dari peserta didik, guru dan setting kelas secara alamiah melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas.
Untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dalam pembelajaran matematika dilakukan Penelitian Tindkan Kelas dengan menggunakan penerapan pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 143 Jakarta dengan 3 siklus. Pada siklus pertama sebagian peserta didik belum terbiasa dengan kondisi belajar kooperatif teknik Student Teams Achievement Divisions (STAD) sehingga dilakukan tindakan dengan memberikan penjelasan kepada siswa tentang prinsip – prinsip pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Divisions (STAD). Di lain sisi guru dalam PTK ini juga belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Divisions (STAD). Dalam siklus ke dua peserta didik dan guru sudah mulai memahami implementasi pembelajaran kooperatif teknik STAD dan menunjukan hasil yang cukup memuaskan begitu juga pada siklus ke tiga. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap peserta didik dan guru yang mengarah kepada metode kooperatif teknik Student Teams Achievement Divisions (STAD). Dari hasil observasi, aktivitas peserta didik  meningkat dari 66,67% pada siklus I, 77,08% pada siklus  II dan menjadi 84,37% pada siklus III. Sementara itu, hasil ulangan harian menunjukan peningkatan yaitu : pada siklus I dengan KKM 55,00 tuntas dengan rata – rata 66,03. Siklus II dengan KKM 60,00 tuntas dengan rata – rata 70,00 dan pada siklus III dengan KKM 65,00 tuntas dengan rata – rata 77,59. Dari hasil pelaksanaan penelitian, siklus pertama, kedua dan ketiga, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan kooperatif teknik Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran matematika pada kelas IX SMP Negeri 143 Jakarta.

Kata Kunci : Teknik STAD, hasil belajar, Aktivitas peserta didik.